Pada akhirnya apa yang sebenarnya penting?

Baru-baru ini saya menemukan sebuah artikel tentang rumah mewah di Amerika Serikat, dan itu membuat saya bertanya-tanya apakah orang-orang yang sangat kaya benar-benar bahagia. Kebahagiaan abadi adalah alasan mendasar mengapa kita ingin menjadi kaya bukan?

Saya memiliki beberapa teman keluarga yang sangat dekat yang telah dianggap sangat kaya. Dari banyak keluarga yang saya kenal yang termasuk dalam kategori tersebut, ada  satu yang paling menonjol , karena mereka memiliki beberapa pesawat untuk penggunaan pribadi. Faktanya, ketika putri mereka menikah, mereka menghabiskan lebih dari $3000 per tamu hanya untuk akomodasi, tanpa mengeluarkan keringat. Ini tidak termasuk bantuan dan hadiah yang diberikan kepada mereka yang cukup dekat yang mereka anggap sebagai keluarga. Tetapi kemudian saya merenungkan apakah kekayaan mereka dapat menjamin kebahagiaan putri mereka dalam kehidupan pernikahannya di masa depan? Dan jawabannya pasti tidak. Jika kekayaan tidak dapat menjamin kebutuhan dasar  didalam hidup kita ini, lalu mengapa begitu besar daya tarik untuk  hidup sebagai orang kaya dan terkenal?

Bagi kami rakyat biasa, materialisme juga meresap sepanjang hidup kami dengan berbagai cara. Sebenarnya bagi sebagian besar orang yang saya kenal, sistem nilai dan tujuan hidup mereka berkisar pada menghasilkan uang, menghapus utang, atau mencari kemewahan yang menurut mereka akan membuat mereka bahagia. Dan sampai ketika  saya berhubungan dengan SSRF dan konsep ilmu spiritual, saya harus mengatakan bahwa sebelumnya saya juga memiliki nilai dan tujuan hidup yang sama seperti mereka.

Belajar Spiritualitas dibawah bimbingan SSRF telah membentuk pendapat saya mengenai apa sebenarnya yang terpenting dalam hidup – yaitu jika kita mundur dan melihatnya dari perspektif mutlak. Pada akhirnya, ketika waktu saya telah tiba untuk meninggalkan dunia ini, apakah akan menjadi masalah berapa banyak uang atau hutang yang saya miliki? Satu-satunya hutang yang harus saya khawatirkan adalah hutang spiritual atau akun memberi dan menerima, karena itu akan mengikuti saya dari masa ke masa. Ini akan menentukan tingkat kebahagiaan atau ketidakbahagiaan yang harus saya jalani dalam kehidupan ini dan kehidupan selanjutnya. Latihan spiritual adalah satu-satunya hal yang membantu untuk membakar hutang spiritual atau akun memberi-dan-menerima ataupun memberi kita kekuatan untuk menanggungnya.

Dengan pandangan ini, semua upaya kita dalam memperoleh kehidupan dan berbagai kemewahan, perlu diarahkan terhadap tujuan hidup kita yang sebenarnya, yaitu pembebasan dari siklus kelahiran dan kematian dan merealisasikan Tuhan.

 

_____________________
Baca lebih lanjut :

Manfaat melakukan latihan spiritual
Panduan gaya hidup sattvik (murni spiritual)

Jika murid memiliki niat , Guru akan selalu mengajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *