TERAPI SPIRITUAL UNTUK KECANDUAN DITERIMA BAIK OLEH PUSAT REHABILITASI BOLIVIA

Pada tanggal 13 April 2011, sekitar dua puluh pasien rawat inap di Pusat Rehabilitasi dan Kesehatan Mental “San Juan de Dios” di La Paz, Bolivia – mendengarkan dengan penuh perhatian seminar SSRF tentang penyebab spiritual dan pengobatan kecanduan. Banyak dari mereka mengangguk setuju ketika mendengar tentang keinginan yang tidak terpuaskan dari leluhur kita yang sering menjadi penyebab kecanduan, dan kemudian berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan praktis.

"San Juan de Dios" Rehabilitation and Mental Health Centre

Pusat Rehabilitasi dan Kesehatan Mental “San Juan de Dios”

Foto-Ric-editSeminar ini bisa terlaksana karena Dr. Ricardo Ramos Pantoja, Direktur Departemen Kecanduan di pusat “San Juan de Dios” di La Paz. yang berprofesi sebagai seorang psikiater. Dr. Ramos memiliki niat yang besar di dalam melakukan terapi penyembuhan alternatif dan ketika dia menemukan penelitian spiritual SSRF tentang kecanduan, dia segera mengundang kami untuk memberikan seminar kepada pasiennya. “Saya senang mendengar tentang manfaat yang diperoleh orang lain di Bolivia dari berlatih Spiritualitas”, katanya kepada kami. Dia kemudian menambahkan: “Ketika saya mengetahui bahwa seminar SSRF juga disampaikan di La Paz, saya merasa ini adalah kesempatan yang tepat bagi pasien saya untuk mendengar perspektif spiritual yang berbeda tentang kecanduan mereka”.

Presentasi tersebut memperkenalkan peserta terkait kerasukan oleh hantu tingkat rendah dan leluhur yang menjadi akar penyebab sebenarnya dari sebagian besar kecanduan. Disampaikan pula perawatan penyembuhan spiritual 3 langkah yang disarankan oleh SSRF yang terdiri dari 2 chanting penyembuhan spiritual dan terapi air garam. Terapi air garam dengan ember dan garam batu juga didemonstrasikan. Doa dan chanting penyembuhan diucapkan, dan postur doa yang paling bermanfaat juga ditunjukkan kepada semua orang. Beberapa peserta menganggukkan kepala ketika mereka mendengar tentang keinginan leluhur yang tidak terpuaskan yang sering menjadi penyebab kecanduan. Terapi spiritual menggunakan air garam juga sudah tidak asing lagi bagi sebagian dari mereka, salah satu peserta berkomentar bahwa neneknya juga menggunakan terapi serupa.

Para peserta sangat menghargai ketika mereka mengetahui bahwa terapi penyembuhan yang disarankan oleh SSRF dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan seorang penyembuh spiritual. Mereka tampaknya menyukai kenyataan bahwa mereka tidak harus bergantung pada siapapun dan bahwa mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan.

Para peserta mengajukan banyak pertanyaan setelah presentasi dan beberapa bahkan mengatakan pernah mengalami kehadiran hantu atau roh halus sebelumnya. Mendengarkan informasi baik ini dari sesama pasien memberi setiap orang keyakinan tambahan terkait penemuan dari penelitian spiritual yang dipresentasikan kepada mereka. Ketika chanting Nama Tuhan sesuai dengan agama kelahiran direkomendasikan selain 3 langkah Terapi, kelompok yang berorientasi pada Alkitab ini merasa lebih terdorong untuk mulai chanting.

Seminar itu jadi bahan pembicaraan di antara mereka yang tinggal di pusat rehabilitasi . Beberapa dengan antusias membantu membersihkan ruangan setelah seminar dan membagikan salinan ringkasan seminar dan 3 langkah pengobatan. Dr. Ramos kemudian memberi tahu kami: “Semua orang masih membicarakan seminar ini , dan mereka ingin Anda kembali lagi mengadakan seminar seperti tersebut”.

_______________________________

Artikel terkait:

Penelitian spiritual tentang kecanduan
Mengapa 70% psikiater itu sendiri menderita penyakit mental?
Apa itu hantu?
Apa masalah leluhur?
Bagaimana hantu mencoba menghentikan masyarakat mengakses pengetahuan tentang masalah leluhur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *